Mengenal Defibrillator Dan AED

Salah satu alat kesehatan yang penting dan dibutuhkan di berbagai tempat adalah Defibrillator. Tahukah anda apa fungsi alat ini ? Defibrillator disebut juga dengan alat pacu atau kejut jantung. Alat ini memang berfungsi untuk mengejutkan jantung atau memacu jantung manusia. Lalu, mengapa jantung manusia perlu dipacu. Alat ini digunakan pada orang yang mengalami henti jantung, atau getaran jantung yang tidak normal seperti pasca tenggelam, serangan jantung mendadak, atau shock yang berat. Bagaimana prinsip kerja alat ini ?

Jantung manusia memiliki otot – otot yang bekerja dengan energi listrik alami yang ada di dalam tubuh kita. Ketika detak jantung dalam kondisi tidak normal, hal ini terjadi karena otot – otot jantung tidak bekerja dengan normal dan hal ini juga karena kelistrikan oto jantung tersebut tidak normal. Defibrillator memberikan sengatan energi listrik dalam jumlah tertentu yang akan membuat otot – otot jantung restart, terkejut dan kembali memulai detaknya dengan normal.

Ada Dua Jenis Defibrillator Berdasarkan Fitur dan Spesifikasinya

# Defibrillator Monitor

Defibrillator jenis ini disebut dengan beberapa istilah diantaranya defibrillator manual atau defibrillator Biphasic. Defib Monitor adalah sebuah alat defib dengan fungsi monitor EKG dan SpO2. Jenis defib ini dilengkapi dengan layar monitor dan probe EKG atau SpO2. Karena dilengkapi dengan layar monitor sehingga jenis defibrillator ini cukup besar. Spesifikasi fungsi defibrillator jenis ini untuk digunakan di rumah sakit meskipun umumnya juga bisa berfungsi sebagai automatic.

# Automated External Defibrillator (AED)

Jenis yang lain dari Defibrillator adalah AED. AED merupakan kepanjangan dari Automated External Defibrillator. Jika defib Monitor biasa disebut dengan defibrillator manual karena Energi yang akan dilepaskan bisa ditentukan secara manual. Sedangkan pada AED secara otomatis diberikan oleh mesin yang telah dilengkapi dengan fungsi analisa EKG dan Impedansi pada tubuh pasien.

Harga AED dan Defibrillator Monitor ?

Jika kita melihat fitur dan spesifikasi yang ada pada dua alat tersebut secara otomatis kita tahu bahwa harga AED akan lebih murah dibandingkan dengan harga Defibrillator manual. Untuk anda yang akan membelu unit Defibrilasi, hendaklah anda sesuaikan dengan kebutuhan. Apabila kebutuhan anda untuk Emergency, Ambulance, dan Lapangan lebih baik anda gunakan AED. Untuk mendapatkan alat ini. Anda bisa kunjungi Distributor Alat Kesehatan yang jual defibrillator lengkap dengan berbagai macam model dan jenis.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *