Spesifikasi & Review 4 Kamera DSLR Nikon Terbaik

Kamera DSLR atau digital SLR kini menjadi pilihan utama para fotografer professional. Kamera yang mampu menghasilkan gambar sangat memuaskan tersebut dilengkapi berbagai fitur yang dapat mempermudah pengambilan, pengeditan dan pengiriman gambar. Salah satu merk yang turut meramaikan pasar kamera DSLR adalah Nikon. Kamera DSLR Nikon memiliki kualitas yang terbukti mampu menyaingi merk-merk ternama lainnya. Apalagi untuk 4 kamera DSLR yang akan dibahas berikut ini.

Kamera DSLR Nikon D3400

Nikon D3400 merupakan sebuah kamera DSLR yang dikhususkan untuk fotografer pemula. Dari beberapa segi, sebenarnya kamera DSLR Nikon ini tidak jauh berbeda dengan D3300. Kualitas gambar yang dihasilkan sama, dengan titik autofokussebanyak 11 buah. Kamera ini juga mampu membuat foto secara berturut-turut sebanyak 5 buah dalam setiap detiknya. Perbedaan yang terlihat jelas adalah efisiensi baterai yang meningkat, dimana dalam setiap baterai D3400 mampu membuat 1200 foto, lebih banyak dari D3300 yang hanya 700 buah.

Kelebihan lain yang dimiliki Nikon D3400 adalah fitur Snapbridge. Fitur ini mampu menghubungkan kamera pada smartphone melalui koneksi Bluetooth yang rendah energi. Jika dibandingkan dengan teknologi Wifi, Bluetooth ini membutuhkan energi yang jauh lebih kecil. Sehingga kamera DSLR Nikon ini dapat terus menerus terhubung pada smartphone tanpa khawatir kehabisan energi. Kemampuan ini tentu akan sangat menunjang kebutuhan sharing gambar yang saat ini banyak dilakukan.

Kamera DSLR Nikon

Walaupun dirancang untuk pemula, tetapi kualitas gambar yang bisa dihasilkan kamera ini tidak main-main. Nikon D3400 memiliki sensor DX-format 24,2 MP. SensitivitasISO-nya juga tinggi, yaitu 100-25.600. Dengan ISO tersebut, kamera tetap akan bekerja baik pada kondisi pencahayaan yang lemah sekalipun. D3400 juga mampu membuat video full HD dan menyediakan 5fps continuousshooting. Sehingga Video yang dihasilkan akan memiliki ketajaman yang tinggi. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, harga D3400 ternyata hanya sedikit lebih mahal dari harga kamera Nikon D3200.

Kamera DSLR Nikon D5300

Kamera Nikon D5300 menjadi kamera pertama yang dilengkapi dengan koneksi wifi. Kamera DSLR Nikon ini juga memiliki sistem pelacak GPS. Sehingga kita tidak perlu khawatir jika suatu saat lupa menyimpannya. Keunggulan lain yang dimiliki D5300 adalah ukuran layarnya yang cukup lebar hingga mencapai 3,2 inch. Layar ini juga dilengkapi dengan sistem layar putar yang akan sangat memudahkan penggunaannya. Walaupun tidak memiliki OpticalLow-Pass Filter, tetapi sensor CMOS yang dimilikinya berkekuatan cukup besar, yaitu 24,2 MP.

Bagi pemula maupun fotografer professional, kamera DSLR Nikon D5300 merupakan teman yang sangat tepat. Rentang ISO yang dimiliki cukup lebar, sehingga memungkinkan penggunaan di tempat-tempat yang minim cahaya. Fitur autofocus-nya mampu mengunci hingga 39 titik fokus. Selain mampu menghasilkan foto yang bagus, kamera ini juga dapat merekam video dengan kualitas gambar Full HD 1080p yang sangat memuaskan. Karena itulah, kamera ini akan sangat sesuai untuk digunakan merekam moment-moment luar biasa saat travelling.

D5300 memiliki berat 480 gram. Ukurannya adalah 125x98x76 mm. Tombol-tombol pengaturan yang dimiliki sangat mudah untuk dijangkau jari. Karena itulah, kamera ini juga disukai fotografer pemula. Baterai yang dimiliki Nikon D5300 juga sangat mumpuni. 600 buah foto bisa dihasilkan dari satu kali masa pengisian baterai. Berbagai kecanggihan yang dimiliki membuat kamera ini layak memiliki harga yang lebih tinggi dari harga kamera Nikon di bawah 2 juta.

Kamera DSLR Nikon D7100

Salah satu kamera andalan Nikon adalah D7100. Kamera yang memiliki harga diatas 10 juta rupiah ini memang dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan. Ditunjang dengan lensa berkekuatan 24 MP yang sangat sensitif, maka semua obyek foto akan menghasilkan gambar yang terlihat sangat jernih, cerah, tajam, tanpa adanya noise ataupun blur. Rentangan ISO yang dimiliki kamera DSLR Nikon ini juga sangat lebar, sehingga memungkinkan pengambilan gambar di area yang memiliki kualitas pencahayaan rendah.

Selain foto, video yang dihasilkan kamera DSLR Nikon D7100 juga memiliki kualitas yang prima. Gambar full HD yang dihasilkannya turut ditunjang dengan kualitas suara full stereo. Sehingga berbagai moment istimewa dapat terekam secara sempurna. Pengoperasian saat pengambilan video juga terbilang cukup mudah, yang membuat kamera ini tidak hanya sesuai untuk professional tetapi juga bagi pemula.

Kamera DSLR Nikon D7100 dilengkapi dengan sistem autofocusyang kemampuannya mencapai 51 poin. Daya tangkapnya memang sangat menakjubkan dan mampu memperluas peluang para fotografer. Saat melakukan pengambilan gambar kita juga bisa memilih salah satu dari 16 pilihan mode yang disediakan. Kamera ini juga memanfaatkan teknologi Exceed 3. Mesin pengolah gambar ini mampu mereproduksi warna, mengolah gradasi dan menghasilkan gambar dengan sensitivitas tinggi. Tidak heran jika harga kamera ini jauh lebih tinggi dari harga kamera Nikon D5100.

Kamera DSLR NikonDf

Gaya klasik menjadi ciri khas dari kamera Nikon Df. Berbagai tombol serta pengaturan mekanis memang masih digunakan pada kamera ini. Walaupun demikian, teknologi serta fitur-fitur yang dimiliki kamera DSLR Nikon yang satu ini tentu memiliki kecanggihan teknologi masa kini. Karena itu, selain pengaturan yang bergaya mekanis, kamera ini juga dilengkapi dengan tombol pintas untuk menuju ke fitur-fitur yang dimilikinya. Cukup dengan menekan tombol ā€˜iā€™, kita dapat mengubah mode ataupun pengaturan lainnya.

Sensor kamera yang ada pada Nikon Df memiliki kekuatan hingga 16,2 MP. Kamera DSLR Nikon ini juga dilengkapi dengan fitur canggih CMOS FX-Format. Sebuah fitur yang mampu membuat kamera tetap sensitif walaupun digunakan pada pencahayaan yang rendah. Fitur ini juga akan membuat hasil gambar rendah noise. Selain itu, terdapat juga Picture Control yang merupakan salah satu teknologi yang bisa digunakan saat berlangsungnya pengambilan gambar. Teknologi ini akan membuat warna terlihat lebih kaya dengan obyek yang lebih detil.

Keunggulan lain yang dimiliki Nikon Df adalah kemampuannya mengunci 39 titik fokus secara otomatis dan cepat. Kamera ini juga dilengkapi dengan 3D-tracking yang mampu mengenali obyek-obyek yang melintasi area frame. Dengan teknologi-teknologi ini maka gambar yang dihasilkanpun akan sangat tajam. Tetapi tidak cukup sampai disitu, Fitur HDR serta ActiveD-lightening yang dimilikinya akan membuat gambar yang dihasilkan lebih terang tetapi natural. Kecanggihan inilah yang membuat harga Nikon Df berbeda dengan harga kamera Nikon D3100 atau sekelasnya.

Sebagai perusahaan yang mengkhususkan diri pada produk-produk gambar serta optik, keunggulan Nikon memang tidak bisa diremehkan. Nikon selalu menggunakan teknologi terkini dengan inovasi terdepan. Karena itu walaupun keempat kamera DSLR Nikon di atas memiliki kelasnya tersendiri, tetapi kualitas yang dimilikinya tidak bisa diragukan. Kamera-kamera terbaik ini memang sangat layak dimiliki, apalagi bagi pecinta fotografi, fotografer professional dan para pemula yang ingin lebih banyak mempelajari seni fotografi. Untuk referensi kamera lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi http://www.bhinneka.com/category/camera_slr.aspx

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *